Galeri
RESEPSI DIPLOMATIK KBRI RIYADH 2016

RKA Bali 2016

Ujian Paket C 2016

Pramuka Indonesia

Universitas Terbuka Riyadh

Gamelan Show Kyai Ahmad

Upacara Hari Pahlawan di SIR


Resepsi Diplomatik Peringatan 70 Tahun Kemerdekaan RI

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015

Gamelan Kyai Ahmad kembali ditabuh oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan

GALERI sebelumnya

Peringatan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di KBRI Riyadh
Turnamen futsal antar mahasiswa se Arab Saudi 2017
13 Feb : 14:15  by Administrator


Pada 29 Januari 2017 telah dilaksanakan penyerahan piala kajuaraan futsal antar mahasiswa se arab saudi dan silaturrahim dengan Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Drs. H. Agus Maftuh Abegebriel, M.Ag. dan Wakil Kepala Perwakilan RI di Riyadh, Sunarko, M.A. beserta staf KBRI Riyadh dengan Mahasiswa Indonesia se-Arab Saudi, di KBRI Riyadh, Arab Saudi.

Silaturrahim dilaksanakan sebagai rangkaian penutup dari kegiatan “Turnamen Sepak Bola Mahasiswa Indonesia se-Arab Saudi” yang berlangsung selama dua hari (28-29 Januari 2017) dan diikuti oleh tim dari


  1. 1.Qassim University (Qassim),
    2.King Fahd University of Petroleum and Minerals (Dhahran),
    3.Islamic University of Madinah (Madinah),
    4.Umm al-Qura University (Mekkah),
    5.Majmaah University (Zulfi),
    6.King Abdul Aziz University (Jeddah),
    7.King Saud University (Riyadh).
.
Makan siang bersama, perkenalan mahasiswa dan asal kampusnya, dan juga laporan kegiatan mahasiswa baik dalam lingkup kampus maupun organisasi PPMI di wilayahnya, menjadi bahan pembicaraan santai yang dilakukan dubes bersama mahasiswa. Bapak Dubes juga menceritakan pengalamannya selama dan sebelum menjadi duta besar di Arab Saudi. Berbagai nasehat ia berikan kepada mahasiswa guna memotivasi mereka dalam mencari ilmu di Arab Saudi.

selanjutnya diberikan piala bagi pemenang lomba futsal oleh Duta Besar RI Riyadh



  1. 1.juara 1 diraih oleh Universitas Islam Madinah,
    2.juara 2 diraih King Fahd University of Petroleum and Minerals,
    3.juara 3 diraih King Saud University.

PPMI Arab Saudi dan PPMI Riyadh mengucapkan terima kasih kepada KBRI Riyadh, Atdikbud Riyadh beserta para sponsor atas dukungan yang telah diberikan pada acara ini, serta apresiasi dan penghargaan kepada seluruh kontingen yang telah hadir dari berbagai universitas di Arab Saudi. Kami berharap hubungan baik antarmahasiswa dengan pemerintah di Arab Saudi selalu berjalan dengan harmonis.
Pagelaran Wayang Kulit pertama di Arab Saudi
05 Feb : 16:07  by Administrator


Tanggal 16 s/d 20 Januari 2017 Tim Wayang Kulit Durasi Singkat Museum Sonobudoyo diundang oleh Prof. Gilles Lubineau dari King Abdullah University of Science and Tehnology ( KAUST ) Jeddah Saudi Arabia. Universitas baru yang dibangun oleh mendiang Raja Abullah ini adalah universitas internasional berbahasa Inggris dan memiliki kota tersendiri dan ada kurang lebih 100 warga negara berada di dalamnya.

Pertunjukan Wayang Kulit dengan lakon Penculikan Dewi Sintha, Hanoman Duta dan Matinya Rahwana dan Kumbakarna dari cerita Epos Ramayana ini yang ditampilkan di acara Winter Enrichment Program (WEP) Final Gala 2017. Tim Wayang Kulit Durasi Singkat Museum Sonobudoyo berjumlah 10 orang yang terdiri dari Pendamping : Kepala Museum (Dra. Riharyani ) dan Kasi Koleksi Konservasi dan Dokumentasi (Ery Sustiyadi,ST,MA) dan Tim Pagelaran : Ahmad Jaelani Suparman (Dalang), Ibu Poniyem (sinden) , Bambang, Wakidi, Suhaeri, Waris, Pratiwi Wibowo dan Supadi, S.Sn (pengrawit).



Hari pertama 17 Januari 2017 gladi bersih dengan menampilkan 4 episode dalam waktu 45 menit di Ruang Perpustakaan KAUST. Tanggal 18 Januari 2017 workshop pembuatan dan menyungging wayang kulit serta workshop memainkan gamelan. Dalam kedua workshop yang direncanakan untuk masing-masing sekitar 15 orang mahasiswa, ternyata melebihi jumlah yang direncanakan (hampir 40 orang peserta), terlihat mahasiswa dari bebagai bangsa antusias sekali untuk mencoba, bahkan anak-anak SD juga ikut memainkan gamelan dan mewarnai wayang.


Malam harinya Tim Wayang dan panitia dari KAUST diundang makan malam di Thuwal oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan dari KBRI Riyadh (Bpk. Basuni ). Pada kesempatan ini Tim Wayang Museum Sonobudoyo dan Panitia dari KAUST menyampaikan souvenir (batik dan buku-buku tentang Museum Sonobudoyo) serta menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan peminjaman seperangkat gamelan untuk keperluan selama pentas.



Tanggal 19 Januari 2017 yang merupakan puncak acara atau Final Gala dipentaskan Pagelaran Wayang Kulit mulai episode Penculikan Dewi Sinta, Anoman Duta sampai dengan Matinya Rahwana dan Matinya Kumbakarna ( 4 episode) dalam waktu 60 menit. Kejadian yang sangat menarik setelah pagelaran selesai adalah para penonton naik panggung untuk memegang wayang kulit dan mencoba memainkan gamelan. Benar-benar sebuah pemandangan yang menarik dan membuat kami terharu atas penghargaan mereka terhadap budaya wayang kulit.

Belajar dari pengalaman Pagelaran Wayang Kulit Durasi Singkat Museum Sonobudoyo di KAUST maka sudah semestinya kita semua lebih menghargai budaya sendiri, khususnya wayang kulit yang sarat dengan filosofi kehidupan. Selain itu kita semua wajib untuk menjaga kelestariannya.

Atas kesempatan pentas Tim Wayang Kulit Durasi Singkat Museum Sonobudoyo di KAUST, kami mengucapkan terima kasih atas dukungkan Gubernur DIY , Kepala Dinas Kebudayaan DIY, KBRI Riyadh, Atdikbud KBRI Riyadh, KJRI Jeddah, Kaustina dan Dr.Arief Yudhanto beserta Tim.

scholarship program Dharmasiswa 2017
05 Feb : 14:55  by Administrator
SCHEDULES


  • Online registration - 9 December 2016 until 25 February 2017
    Interview at related KBRI/KJRI - 27 February 2017 until 10 March 2017
    Selection by the University (online) - 13 March 2017 until 28 March 2017
    Final announcement - 14 April 2017
    Estimated arrival at Indonesia - Late August 2017
    This schedule may change any time



QUALIFICATIONS OF STUDENTS

Each student has to fulfill these requirements as the follows:


  • Preferably Student
    Completed secondary education or its equivalent
    Minimum age 17 years and Not older than 35 years of age
    Able to communicate in English and additional Bahasa Indonesia, Proven by English Language Proficiency Certificate : TOEFL/TOEIC/IELTS or OTHER CERTIFICATE if applicable (Language certificate is not a mandatory)
    In good health as proven by Medical Certificate (medical checkup result)
    Passport size photo
    Have basic knowledge of the field you're applying



REQUIRED DOCUMENTS


  • Curriculum vitae/resume
    Medical sertificate
    A valid passport
    Recommendation Letter From Education Institution / Professional Institution on official letterhead and signature (in English)
    Last academic transcript and certificates (in English)
    Language certificate (if applicable)
    Other certificates that related to the field you're applying (if applicable)
    Writing essay about purpose of study (in english or bahasa Indonesia maximum 500 words)
Kemendikbud Perkuat Kapasitas Sekolah Indonesia di Luar Negeri
07 Aug : 15:13  by Administrator
Bogor, Kemendikbud --- Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mutu pendidikan untuk Warga Negara Indonesia di luar negeri, Kemdikbud mengadakan Rapat Koordinasi Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) pada tanggal 1 s.d. 3 Agustus 2016 di Bogor, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah SILN yang tersebar di 15 (lima belas) negara, diantaranya dari SILN di Bangkok, Beograd, Cairo, Davao, Den Haag, Jeddah, Mekkah, Riyadh, Johor Baru, Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Moscow, Singapura, Tokyo dan Yangoon.

Kepala Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud Bastari menyampaikan dua tugas penting Kemendikbud yang diamanatkan Presiden Joko Widodo, yaitu mengatasi kesenjangan melalui Program Indonesia Pintar serta meningkatkan produktivitas generasi muda melalui beragam pendidikan vokasi.

“Kita diamanatkan untuk meningkatkan akses pendidikan antara lain dengan cara mengurangi dampak kesenjangan pendidikan yaitu melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dan pendidikan vokasi diharapkan tidak hanya SMK saja tetapi juga ada sekolah spesialisasi. Untuk mengoptimalkan pendidikan vokasi, tiap daerah juga diharapkan menyesuaikan dengan potensi yang ada", kata Bastari dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan harapannya agar para Kepala SILN di negara akreditasi bisa mendapatkan informasi dan melihat bagaimana potensi yang bisa dikembangkan di SILN yang berada di masing-masing negara akreditasi. Rakor SILN bertujuan untuk menguatkan kapasitas pengelola pendidikan SILN, khususnya dalam beragam program pendataan.

Selama tiga hari, peserta diberikan materi terkait Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Selain itu, terkait penguatan kelembagaan, peserta diberikan materi berupa program evaluasi dan akreditasi SILN. Terkait pengembangan kapasitas pendidik dan peserta didik, para peserta juga diberikan materi pengembangan kompetensi Guru dan peserta didik SILN, serta pengembangan dan implementasi kurikulum.
Tak hanya pendidikan dasar dan menengah, rapat koordinasi SILN juga membahas strategi penyelenggaraan dan pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non formal di luar negeri.

Melanjutkan rapat koordinasi Kepala Sekolah Indonesia di Luar Negeri, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri mengadakan Seleksi Guru untuk SILN. Saat ini tercatat kebutuhan sebanyak 31 (tiga puluh satu) orang guru dan empat orang tenaga kependidikan untuk SILN. Calon Guru SILN yang lulus seleksi administrasi akan diuji kompetensinya dengan serangkaian tes diantaranya tes psikologi, tes pengetahuan dasar, tes kemampuan bahasa Inggris, serta tes kemampuan pedagogik untuk tenaga pendidik. Diharapkan dari tes tersebut dihasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang kompeten dan profesional.

sumber : http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/08/kemendikbud-perkuat-kapasitas-sekolah-indonesia-di-luar-negeri
Go to page  1 2 3 4
Peluang
Kegiatan
Ikuti Kami
Statistik Pengunjung
Flag Counter
Tautan Afiliasi