Galeri
Kunjungan ke Idarah Taklim makkah di KSA 2018

Peninjauan pelaksanaan UNBK SILN di KSA 2018

kegiatan Atdikbud bersama Mhasiswa 2018

Kunjungan Atdikbud ke Kementerian Pendidikan Arab Saudi 2018

Ujian Paket C 2016

Universitas Terbuka Riyadh

Gamelan Show Kyai Ahmad

Upacara Hari Pahlawan di SIR

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015

Gamelan Kyai Ahmad kembali ditabuh oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan
Partisipasi Atdikbud KBRI Riyadh Pada International Day di King Faisal School (KFS) Riyadh Arab Saudi Selasa, 03 April 2018
04 Apr : 13:42  by Administrator


Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh memenuhi undangan dari King Faisal School Riyadh, salah satu sekolah Arab bonafide yang berlokasi di kompleks Diplomatic Quarter (DQ), untuk berpartisipasi pada kegiatan International Day, Selasa, 03 April 2018 mulai pukul 08.30 sampai dengan 14.00 WSA. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung olah raga King Faisal School dan diikuti oleh 20 negara atau kedutaan besar yang ada di Kerajaan Arab Saudi yaitu: Indonesia, Thailand, Jepang, Cina, India, Lebanon, Palestina, Uni Emirat Arab, Azerbaijan, Yordania, Sudan, Kanada, Jerman, Selandia Baru, Belanda, Swedia, Irlandia, Italia, Swiss, Amerika Serikat dan Arab Saudi sebagai pihak penyelenggara.








Kegiatan International Day di King Faisal School tersebut merupakan bentuk soft diplomacy melalui pertukaran seni budaya, wisata, dan kuliner dari masing-masing negara. Partisipasi Atdikbud KBRI Riyadh pada kegiatan ini adalah untuk yang kedua kalinya yang diwakili oleh Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). Pada kegiatan ini, Indonesia mendapatkan kehormatan untuk tampil sebagai pembuka acara dengan menampilkan Tari Gandrang Bulo dari Sulawesi yang dikreasi secara menarik oleh anak-anak Sekolah Indonesia Riyadh atas bimbingan dari guru seni budaya Ibu Siti Yati Sumiyati, guru SD SIR Bapak Mursimin, dan Staf Atdikbud KBRI Riyadh Bapak Lukman Fauzi. Penampilan tarian dengan iringan rampak kendang yang berdurasi 10 (sepuluh menit) tersebut mampu memukau peserta dari negara-negara sahabat dan pihak penyelenggara. Tepuk tangan meriah dari penonton pada akhir tampilan dari anak-anak Sekolah Indonesia Riyadh menggema di area pertunjukan. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia yang sangat kaya budaya dan kesenian dan disukai oleh negara-negara lain. Kegiatan ini juga diliput oleh stasiun televisi lokal dan internasional.




Pada kegiatan tersebut, Indonesia juga memiliki satu booth pameran representasi Indonesia yang di dekorasi dengan tema Wonderful Indonesia oleh guru-guru dan OSIS Sekolah Indonesia Riyadh. Booth pameran Indonesia berisi aneka makanan ringan khas nusantara, diantaranya rempeyek kacang, getuk, onde-onde-onde, sosis solo, kroket, talam ubi, kue sus, kue ku, kue bawang dan cum-cum yang sangat disukai oleh pengunjung. Selain itu, pada booth pameran juga disediakan cup-noddle indomie yang disponsori oleh PT. Indofood Arab Saudi dan ternyata sangat dikenal serta digemari oleh anak-anak Arab Saudi. Booth pameran juga dilengkapi dengan peta Indonesia, booklet wisata unggulan di Indonesia, pin Saudi-Indonesia atau lebih dikenal dengan Saunesia, dan brosur kursus Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) untuk warga negara Arab Saudi. Di antara peserta International day, booth pameran Indonesia merupakan booth yang paling ramai di datangi oleh para peserta dan pengunjung dari awal hingga berakhirnya acara. Petugas booth pameran dari kolaborasi guru dan OSIS SIR, serta siswa King Faisal School cukup kewalahan dengan jumlah dan antusiasme pengunjung di booth pameran Indonesia.






Kegiatan International Day di King Faisal School ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Perwakilan RI (Wakepri) Bapak Dicky Yunus, Atdikbud KBRI Riyadh Bapak Achmad Ubaedillah, dan Kepala Sekolah Indonesia Riyadh Bapak Abdulloh Syifa. Selain sebagai upaya memperkuat hubungan internasional, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara efektif untuk promosi budaya, kuliner nusantara, dan promosi wisata Indonesia khususnya untuk negara-negara di Kawasan Timur Tengah. Pada akhir acara, Kepala Sekolah King Faisal School selaku penyelenggara memberikan medali, piagam dan apresiasi yang tinggi kepada KBRI Riyadh yang mewakili Indonesia pada kegiatan ini, dan berharap agar kerja sama yang baik dengan Indonesia dapat ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

Peluang
Kegiatan
Ikuti Kami
Statistik Pengunjung
Flag Counter
Tautan Afiliasi