Galeri
RESEPSI DIPLOMATIK KBRI RIYADH 2016

RKA Bali 2016

Ujian Paket C 2016

Pramuka Indonesia

Universitas Terbuka Riyadh

Gamelan Show Kyai Ahmad

Upacara Hari Pahlawan di SIR


Resepsi Diplomatik Peringatan 70 Tahun Kemerdekaan RI

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015

Gamelan Kyai Ahmad kembali ditabuh oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan

GALERI sebelumnya

Peringatan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di KBRI Riyadh
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
BIPA adalah program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia (berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan) bagi penutur asing. BIPA diselenggarakan dalam upaya untuk mendukung usaha peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional yang sedang digalang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Saat ini setidaknya ada 45 negara yang menjadi peserta BIPA, dengan 174 tempat pelaksanaan BIPA yang tersebar di negara-negara tersebut. Penyelenggaraan BIPA didasari atas tingginya antusiasme warga negara lain, terutama mahasiswa asing, terhadap bahasa Indonesia. Dalam sebuah survey terhadap peserta Program Darmasiswa Republik Indonesia (DRI), disampaikan bahwa, bahasa Indonesia menjadi jurusan favorit para peserta (survei tahun 2012: 65% bahasa Indonesia; 30% seni-budaya, culinary & tourism 3%, lain-lain 2%).

Seperti di Negara lain, BIPA juga diselenggarakan di Saudi Arabia. Melalui Atase Pendidikan Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi, program BIPA dimulai dengan menyelenggarakan kegiatan "Training of Trainer Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing" bertempat di Sekolah Indonesia Jeddah di Jeddah Arab Saudi. Kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan guru Bahasa Indonesia bagi penutur asing di Arab Saudi sebagai soft diplomacy dan sarana pengenalan bahasa dan budaya bangsa Indonesia bagi warga Arab Saudi.



Para Pembina Kursus BIPA tersebut diambil dari beberapa unsur diantaranya staf KBRI dan guru-guru Sekolah Indonesia Riyadh serta mahasiswa Indonesia di Riyadh. Kursus BIPA ini diikuti oleh warga Arab Saudi dari berbagai profesi yang belum fasih dalam berbahasa Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan di Sekolah Indonesia Riyadh tersebut mendapat antusias yang tinggi dari warga Arab Saudi khususnya di Riyadh.

Peluang
Kegiatan
Ikuti Kami
Statistik Pengunjung
Flag Counter
Tautan Afiliasi