Galeri
RESEPSI DIPLOMATIK KBRI RIYADH 2016

RKA Bali 2016

Ujian Paket C 2016

Pramuka Indonesia

Universitas Terbuka Riyadh

Gamelan Show Kyai Ahmad

Upacara Hari Pahlawan di SIR


Resepsi Diplomatik Peringatan 70 Tahun Kemerdekaan RI

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015

Gamelan Kyai Ahmad kembali ditabuh oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan

GALERI sebelumnya

Peringatan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di KBRI Riyadh
Profil Sekolah Indonesia di Arab Saudi
Profil Sekolah Indonesia Riyadh (SIR)

Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) di negara Arab Saudi pada hakikatnya merupakan bagian tak terpisahkan dari KBRI Riyadh, karena Sekolah ini didirikan oleh KBRI Riyadh pada tahun 1985 untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi putera-puteri staf KBRI Riyadh dan Masyarakat Indonesia yang berada di Riyadh dan sekitarnya. Dalam perkembangannya Sekolah Indonesia Riyadh bukan sekedar memenuhi standar minimal kebutuhan pendidikan sesaat, akan tetapi lebih jauh dari itu SIR merupakan lembaga formal yang diakui juga oleh Pemerintah Saudi Arabia melalui Dirjen Sekolah Internasional Arab Saudi pada tanggal 5/1/1425 H dengan nama Internasional Indonesian School. Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) adalah salah satu dari 15 sekolah Indonesia di luar negeri. Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) didirikan pada tanggal 01 Januari 1964 di Jeddah dengan nama Sekolah Indonesia Pancasila (SIP), seiring dengan perpindahan KBRI dari Jeddah ke Riyadh pada tanggal 24 September 1985 SIP terbagi menjadi dua yaitu Sekolah Indonesia Pancasila Jeddah dan Sekolah Indonesia Pancasila Riyadh, dan baru pada tanggal 02 Oktober 1985 SIP Riyadh menempati gedung sekolah untuk pertama kalinya, dan pada perkembangannya sejak tahun 1986 sebutan sekolah berubah menjadi Sekolah Indonesia Riyadh (SIR).



Sekolah Indonesia Riyadh menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat pendidikan TK, SD, SMP dan SMA dengan segala kekurangan dan keunggulannya, sama dengan sekolah-sekolah di Indonesia pada umumnya, sedangkan kekhususan yang diunggulkan SIR adalah Penguasaan komunikasi Bahasa Inggris, Bahasa Arab serta penguasaan IT yang siap dicoba setiap saat.

Dalam perkembangannya SIR mengalami pasang-surut dalam bidang prestasi dan reputasi sekolah, apalagi dari sisi jumlah peserta didik yang sangat bergantung kepada para pegawai KBRI dan juga orang tua WNI di Riyadh yang setiap saat mengalami exit dan permit, hal ini tidak dapat dicegah apalagi ditolak. Dari sisi guru yang mengajar multi level dan multi kelas sehingga beban tugas guru tidak ringan, namun karena tuntutan moral dan rasa tanggung jawab yang kuat semua ini dapat memotivasi tugas dan kewajibannya untuk mencerdaskan anak bangsa, sesuai dengan motto Sekolah Indonesia Riyadh siap melayani demi mencerdaskan generasi bangsa yang kita cintai bersama.

Profil Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ)

Sekolah Indonesia Jeddah beridiri sejak tanggal 1 Januari tahun 1964. Semula hanyalah Taman Kanak┬Čkanak yang dikelola Ibu-ibu Dharma Wanita unit KBRI (sebelum menjadi KJRI) Jeddah dengan nama Taman Kanak-kanak "Trikora", nama Trikora diambil karena saat rapat pertama pendirian sekolah bersamaan dengan tanggal 19 Desember 1963 saat pernyataan Tri Komando Rakyat untuk merebut kembali Irian Barat yang masih dalann cengkraman penjajah.



Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) tidak hanya sebagai tempat menuntut ilmu tetapi juga sebagai wadah untuk penanaman dan pemupukan semangat nasionalisme cinta tanah air serta sebagai wadah pengembangan dan pelestarian budaya bangsa Indonesia. Di samping itu, Sekolah Indonesia Jeddah digunakan untuk penyelenggaraan PNF Kesetaraan Program Paket A B dan C, Universitas Terbuka, Pengajian Forum Kajian Islam (FKI), sarana olah raga dan kegiatan sosial lain. Adapun motto SIJ adalah Berakhlaq Mulia, Berbudaya Indonesia dan Visinya adalah Terwujudnya insan yang beriman, taqwa, berprestasi dan berwawasan global.

Sekolah Indonesia Jeddah telah bekerja sama dengan sekolah-sekolah lain baik yang berada di Indonesia maupun di Saudi Arabia antara lain :

1. SMA Negeri 1 Bogor Jawa Barat. Rombongan Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Bogor telah mengadakan lawatan ke Sekolah Indonesia Jeddah sebagai bagian dari Sister School.
2. Sekolah Turky. Kedua Sekolah aktif melaksanakan pertunjukkan seni dan budaya dan olahraga masing-masing Negara
3. Sekolah Philipine
4. Sekolah India
5. Perusahaan-perusahaan Indonesia di antaranya : Garuda Indonesia Airways dan Indomie

Secara geografis kota Jeddah terletak di sebelah pantai timur Laut Merah pada 309 garis BT dan antara 21-289 garis LU, persisnya di daratan rendah pinggir Laut Merah, ┬▒75 Km dari Kota Suci Makkah. Sekolah Indonesia Jeddah berlokasi di alamat 4873 Ali M. Al Hamarani St. (299) Baghdadeyyah Al Sharqeyyah dist./2 PO Box 10, Jeddah 21411, Kindom of Saudi Arabia (KSA). Pada Google Map: Koordinat: 21.502038,39.186475,17. Detil informasi dapat diperoleh di sini

Profil Sekolah Indonesia Makkah (SIM)

Secara operasional, sekolah ini mendapat izin Ditjen Pendidikan Asing Saudi Arabia yang menunjuk Al-Anjal International School sebagai penanggungjawab umum sekolah. Berdasarkan Surat Kepala Perwakilan RI Riyadh No.432/KP/VI/2000, tanggal 5 Juni 2000 dan Surat Kepala Sekolah Indonesia Jeddah No. 236/SIJ/C/II/2004, tanggal 18 Februari 2004, maka Sekolah Indonesia Makkah merupakan kelas jauh dari Sekolah Indonesia Jeddah. Juga berdasar Surat Izin Operasional Muwafaqoh dari Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi no.3/202851/Tertanggal 23/6/1423H. Muwafaqoh (Persetujuan Kementerian Pendidikan Bagian Asing Arab Saudi). Status SIM adalah Swasta Murni.



Visi SIM adalah: Menghasilkan peserta didik yang beriman dan taqwa, cakap, berilmu, trampil, berwawasan global dan mampu berkompetitif. Tujuan Sekolah (TI) disebut juga Tujuan Lembaga merupakan penjabaran dari Tujuan Pendidikan Nasional, yaitu meningkatkan sosok pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Serta memiliki kemampuan dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, aktif, kreatif, inovatif, mandiri, menjadi warga Negara yang demokratis, bertanggunjawab, serta mampu berkarya yang bermanfaat untuk dirinya, masyarakat, agama, bangsa dan negara.

Sekolah yang beralamat di Abdullah Arief Street, Distrik Al-Rosyaifah, Makkah Al-Mukarramah, Arab Saudi, PO.Box 3113, Nomor Telepon/Fax: Telp/Fax : + 966 2 5395597 mengelola sekolah dengan beberapa jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan yang dikelola Sekolah Indonesia Makkah pada awalnya hanya tingkat Sekolah Dasar (SD), namun karena banyaknya tuntutan masyarakat akan keberlanjutan pendidikan anak-anaknya di masa yang akan datang, maka secara bertahap dibuka 4 (empat) jenjang, yang semuanya berorientasi pada Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional , yaitu :

1. Taman Kanak-kanak (persiapan SD),
2. Sekolah Dasar (SD),
3. Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan
4. Sekolah Menengah Atas (SMA).

detil informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini
Peluang
Kegiatan
Ikuti Kami
Statistik Pengunjung
Flag Counter
Tautan Afiliasi