News Item: Indonesia menjadi Tamu Kehormatan di Festival Janadriyah ke 33 di Riyadh KSA
(Category: Misc)
Posted by Administrator
Monday 04 March 2019 - 12:19:16

Festival Janadriyah merupakan acara budaya terbesar di Arab Saudi, diselenggarakan setiap tahun oleh Garda Nasional Saudi sejak tahun 1985.

Festival yang terbesar di Teluk ini, mendatangkan jutaan pengunjung dari berbagai wilayah di Teluk setiap tahunnya. Festival ditiadakan pada tahun 2015, dalam rangkaian duta cita atas wafatnya Raja Abdullah.

Pada Janadriyah tahun 2017, lebih dari 3 juta pengunjung dari berbagai wilayah di Arab Saudi dan Negara-negara Teluk datang ke festival ini. Kampung Janadriyah, terletak 40 km dari pusat Kota Riyadh, dibangun khusus untuk menjadi tuan rumah festival ini.

Diantara kegiatan yang ditampilkan paviliun-paviliun seluruh provinsi yang ada di Arab Saudi, yang menampilkan arsitektur bangunan, kuliner, pakaian tradisional, permainan tradisional, seni budaya setiap provinsi. Ditambah dengan seminar, pentas puisi, folklor, lomba balap onta, lomba balap kuda, opera, pasar tradisional, galeri foto dan manuskrip, dan sebagainya.

Sebagai contoh dalam mempertahankan seni dan budaya, Janadriyah kerap menjadi destinasi wisata studi para pelajar dari berbagai sekolah di Arab Saudi, khususnya Kota Riyadh.



Pemerintah Arab Saudi mendaftarkan Festival Janadriyah untuk masuk ke dalam ‘Daftar Warisan Dunia tak Benda UNESCO’, setelah sebelumnya Arab Saudi memiliki seni dan budaya di dalam daftar ini seperti Al Ardah, Al Mizmar, Al Qatt Al Asiri serta Berburu dengan Elang (dengan sejumlah negara), Al-Majlis dan Kopi Arab (bersama dengan Persatuan Emirat Arab, Oman dan Qatar).

Sejak Janadriyah ke-23 tahun 2008, Arab Saudi mengundang Negara Sahabat untuk menjadi Tamu Kehormatan yaitu Turki, selanjutnya secara berurutan Rusia (24), Prancis (25), Jepang (26), Korea Selatan (27), Republik Rakyat Tiongkok (28), Persatuan Emirat Arab (29), Jerman (30), Mesir (31) dan India (32). Indonesia terpilih menjadi tamu kehormatan Festival Janadriyah ke-33 tahun 1440/(2018-2019) yang akan berlangsung selama 18 hari, mulai tanggal 20 Desember 2018 yang akan datang.



This news item is from Atase Pendidikan - KBRI Riyadh
( http://atdikriyadh.org/news.php?extend.86 )